Senin, 20 Februari 2017

Artikel II

Multimedia pembelajaran matematika. Untuk mengetahui makna dari frasa tersebut, mari kita lihat terlebih dahulu setiap kata yang menyusun frasa tersebut. Sebelumnya, kita sudah mengetahui jika media pembelajaran matematika adalah sarana yang dapat digunakan untuk menarik/merangsang perhatian murid dalam mempelajari matematika. Media pembelajaran ini dapat berupa teks, audio, visual dll.

Yang menjadi masalah disini adalah tambahan kata “multi”. Sebenarnya, tidak perlu dibuat terlalu rumit. Kita tahu betul jika multi berarti “Banyak” berarti kata multimedia dapat diartikan sebagai “banyak media”. Tentu saja definisi ini masih terlalu ngambang, oleh karena itu mari kita coba sesuaikan dengan konteksnya. Kita mengetahui jika media pembelajaran itu dapat berupa teks, audio, visual dll. Oleh karena itu, multimedia tentusnya juga berupa teks, audio, visual dll. Lantas apa yang membedakan media pembelajaran dan multimedia pembelajaran? Ingat kembali jika multimedia berarti “Banyak media” tentu hal ini tidak menutup kemungkinan jika bentuk dari multimedia pembelajaran jauh lebih kompleks daripada media pembelajaran. Jadi, bentuk dari multimedia pembelajaran bisa kita asumsikan sebagai gabungan dari berbagai media pelajaran yang berupa teks, audio, visual dll.

Secara lebih sederhana, multimedia pembelajaran matematika adalah gabungan dari beberapa media pembelajaran matematika yang dapat berbentuk teks-audio-visual dll. Contoh konkret dari multimedia pembelajaran matematika adalah powerpoint interaktif. Dalam powerpoint interaktif, kita dapat menjumpai informasi berupa teks, gambar yang mendukung informasi teks tersebut serta suara baik dari video maupun media lain yang tentunya juga mendukung informasi teks yang ditampilkan.

Bisakah kalian mencari contoh lain dari multimedia pembelajaran matematika?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar